19 Januari 2010

New! IE9 Browser Terbaru Microsoft


SCBS FM – Microsoft mengklaim bahwa browser selanjutnya, Internet Explorer 9 (IE9), telah hampir menyamai kesenjangan kinerja JavaScript yang dimiliki browsernya dengan pesaingnya Mozilla dan Google, meskipun browser terbaru ini hanya dikembangkan dalam beberapa minggu.

Steven Sinofsky, presiden Microsoft Windows dan Windows Live, mengakui bahwa Microsoft telah mengejar ketinggalannya didunia browser. "Kami tahu kami memiliki banyak kekurangan pada browser kami yang harus dibenahi.," kata Sinofsky hari Rabu, 18/11 pada konferensi pers dengan pengembang profesional. (PDC).

Pada pengetesan menggunakan SunSpider, nilai pengukuran untuk kategori kinerja javascript dari IE9 ternyata lebih tinggi dari versi IE sebelumnya. Walaupun sebenarnya masih jauh dibandingkan skor browser kompetitor. Namun Sinofsky merasa puas "Kinerja IE9 telah hampir mendekati browser pesaing lainnya,” kata Sinofsky.

Dilain pihak, berita ini tidak mengejutkan direktur komunitas pengembang Mozilla, Asa Dotzler yang mana memperkirakan bahwa IE produksi Microsoft versi selanjutnya pasti akan lebih baik dari sebelumnya.
“Microsoft pasti akan memperkenalkan pengembangan IE9 yang memiliki mesin JavaScript yang baru dan super cepat” kata Dotzler di blognya kemarin. “Microsoft sejatinya telah membuat kesalahan besar ketika menganak tirikan pengembangan IE6 dan Web dari tahun 2001 sampai tahun 2006. Pengembangan IE7 pada awalnya membuat pengembang Web merasa kecewa, namun sedikit terobati dengan kehadiran IE8 yang lebih baik. Namun mereka masih tetap ketinggalan satu generasi dibandingkan dengan versi browser modern saat ini.”
Microsoft IE8, IE7 dan IE6 sebenarnya masih jauh ketinggalan pada kinerja javaScript dibandingkan pesaing terutama Mozilla Firefox, Google Chrome dan Apple Safari. Untuk kedua browser terakhir dibangun dengan menggunakan mesin render system open source WebKit.

Pada pengetesan terakhir dengan menggunakan SunSpider oleh Computerworld misalnya, Chrome memiliki skor 10 kali lipat lebih cepat dibandingkan IE8, sementara Firefox mendekati 4x lebih cepat. Pada penghitugnan sebelumnya, Microsoft menggunakan system pengukuran yang tidak bisa dikategorikan sempurna pada dunia nyata, dengan cara melakukan download tes pada 25 situs Web populer yang mana mereka mengklaim IE8 sebenarnya lebih cepat dari Firefox atau Chrome.

Hari ini, Sinofsky nampaknya sangat percaya dan bahkan sedikit sombong dengan mengatakan IE9 sangatlah cepat, termasuk pada pengetesan Acid3 yang bernilai lebih baik. “Kami butuh perbaikan pada Acid3,” aku Sinfsky, “Kami telah melakukan perbaikan pada IE9, yang mana browser ini mempunyai skor 32 dari nilai 100 dibandingkan IE8 yang memiliki skor 24 dari nilai 100.”

Pengukuran Acid3 diartikan seberapa dekat browser tersebut terhadap pemenuhan nilai nilai standar untuk spesifikasi aplikasi Web 2.0, DOM (Document Object Modul), CSS2 (Cascading Style Sheets dan SVG (Scalabe Vector Graphics).

Dalam faktanya, browser lain telah lama mempunyai nilai sempurna pada pengukuran Acid3, misalnya Chrome, Safari dan Opera versi terakhir memiliki skor 100, sedangkan Firefox versi 3.6 masih sedikit ketinggalan dengan meraih angka 92 dari kemungkinan angka 100 tertinggi.
Sinofsky tidak membicarakan tentang jadwal rilis untuk IE9, atau ketersediaan preview untuk masyarakat saat ini dengan alasan browser ini masih dalam pengembangan selama 3 minggu sejak dirilisnya Windows 7..


source : http://scbsradiolombok.wordpress.com/2009/11/19/new-ie9-browser-terbaru-microsoft/

source lain : http://www.forumbebas.com/thread-92853.html

Related Posts by Categories



0 komentar: