19 Februari 2009

Komponen Utama Browser


Saat ini ada 4 browser terkenal yaitu :

1. Internet Explorer ( IE )
2. Mozilla Firefox
3. Opera
4. Safari

Keempat browser di atas memiliki prinsip kerja yang sama, perbedaannya hanya terletak pada kelengkapan fitur, kecepatan akses, fasilitas filter dll. Dari keempat browser tersebut yang paling banyak dipakai adalah IE oleh karena merupakan bawaan Windows. Hal ini juga didorong oleh sistem operasi komputer yang paling banyak saat ini adalah Microsoft Windows. Jadi bukan karena keunggulan I banyak dipakai.

Adapun komponen utama browser adalah :
1. Semua browser memiliki komponen Address : tempat mengetikkan alamat dari situs yang akan dikunjungi atau dibuka
2. Fasilitas kedua yang penting adalah tombol Back yang berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, apabila sebuah link di klik dan kita tidak menginginkannya atau sudah selesai melihat dan ingin kembali ke halaman sebelumnya. Tombol fungsi Back ini digambarkan dengan panah mengarah ke kiri
3. Tombol Refresh, yang biasanya digambarkan dengan 2 panah bolak balik seperti lingkaran. Tobmol refresh berguna untuk menyegarkan halaman. Misalnya apa bila sebuah halaman terputus diloading atau sudah ada perubahan yang dilakukan maka untuk mengembalikan ke posisi awal ditekan tombol refresh
4. Masih banyak lagi tombol lain dengan fungsi masing-masing, namun variasinya antar browser berbeda-beda. Bahkan ada perusahaan pembuat situs yang pekerjaannya membuat tombol (Toolbars) saja dan kemudian dijual kepada pengguna internet.

Disini terdapat perbedaan yang nyata antara Mozilla/Opera/Safari dengan Internet Explorer. Kalau IE membukan Windows baru (terlihat dari jumlah icon yang ada pada bar di bawah = sejajar Star) akan bertamba 1 icon. Sementara kalau pakai Mozilla/Opera/Safari tidak ada penambahan window, tapi yang bertambah adalah Tabs (di bagian atas jendela Mozilla/Opera/Safari).

Pemilihan apakah akan menimpa atau membuka jendela baru diatur oleh webmaster situs yang bersangkutan. Kita sebagai pengguna bisa memilih dengan klik kanan lalu pilih open in newtab/windows.

Related Posts by Categories



0 komentar: