14 April 2009

Masking

Sebelum saya menerangkan cara membuat efek masking, Anda tentu harus tahu apa tujuan efek masking ini. Seperti namanya, efek masking berguna untuk menutupi sebagian dari movie. Oh, masih tidak mengerti? Mari kita lanjutkan latihan. Kali ini kita akan membuat masking tulisan. Buatlah tulisan seperti biasa. Anda tidak perlu mengubahnya menjadi symbol kecuali bila Anda ingin menganimasikannya.

Klik pada frame 20 dan 'Insert Frame' (F5). Klik pada nama layer, kemudian Insert>>Layer, atau 'Add Layer' untuk membuat layer baru di atas layer tulisan tadi. Klik kanan pada nama layer baru tersebut, dan pilih 'Mask'.Anda tentu melihat bahwa layer baru tersebut menjadi terkunci. Klik pada icon gembok untuk membuatnya dapat diedit lagi. Ingat bahwa objek yang akan di mask harus langsung berada di bawah layer mask.

Klik frame 1 pada layer mask, kemudian gambar sebuah lingkaran. Ubahlah lingkaran itu menjadi symbol graphic.

Kemudian 'Insert Keyframe' pada frame 20, dan geser lingkaran tersebut ke sisi kiri. Jangan lupa untuk 'Create Motion Tween' antara frame 1 dan 20.

Ini akan menghasilkan efek spotlight.

Download Fla (26.5kb)

*Catatan Tambahan*
Objek apapun yang ada dalam layer mask tidak akan tampak sebagaimana mestinya. Objek tersebut akan terlihat seperti lubang pada layer, yang memperlihatkan layer di bawahnya.

sumber : http://lecturer.eepis-its.edu/~dhoto/flash

Related Posts by Categories



0 komentar: