07 Februari 2009

Cara Memperoleh Hubungan Ke Internet (Kls IX SMP)

Sebetulnya ada beberapa cara yang kita lakukan untuk memperoleh sambungan ke Internet. Yaitu dengan menggunakan fasilitas :

  1. Telepon
  2. Jalur Listrik PLN
  3. Jaringan TV Kabel
  4. Telepon Genggam
  5. Gelombang Radio
  6. Satelit
Sistem Apa saja, yang digunakan kalau seandainya menggunakan telepon ?
1. Sistem Dial Up
Cara ini yang termudah dengan menggunakan jaringan telepon dan ISP yang kita gunakan adalah telkom. Yaitu tinggal angkat telepon, terus tekan 0809 8 9999 dan tunggu beberapa puluh detik. Jika terdengar bunyi modem (seperti suara faks), maka kita langsung masuk ke dunia cyber.

2. Leased Line
adalah menghubungkan suatu jaringan lokal yang berada dirumah atau kantor ke suatu ISP tertentu dengan menggunakan jaringan telepon secara terus-menerus selama 24 jam, sesuai dengan besarnya bandwidth yang dibutuhkan.

3. DSL (Digital Subscriber Line)
penyedia layanan komunikasi data berkecapatan tinggi menggunakan jaringan telepon yang mana internet dan telepon dapat kita gunakan dalam waktu yang bersamaan, kecepatannya antara 128 kbps sampai dengan 10 mbps.

4. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
sebuah teknologi yang memungkinkan data kecepatan tinggi dikiraim melalui jaringan telepon. Penerimaan data sampai kecepatan 1.5-9 mbps dan mengirim data daru 16-640 kpbs. karena kecepatan upstream dan downstream tidak sama, maka digunakan istilah Asymmetric.

5. ISDN (Integrated Service Digital Network)
jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, ini merupakan pengembangan dari sistem telepon yang sudah ada. Sistem ini bekerja dengan bandwidth yang lebih lebar dab sistem digital point to point sehingga mampu mengirimkan suara, data dan video.

Related Posts by Categories



0 komentar: